Tingkatkan Kualitas ‘Sergai Dalam Angka 2023’, Pemkab Sergai – BPS Gelar FGD

Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP mewakili Bupati H Darma Wijaya, menghadiri penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaaan Statistik Sektoral Peningkatan Kualitas Data Sergai Dalam Angka 2023.

topmetro.news – Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP mewakili Bupati H Darma Wijaya, menghadiri penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaaan Statistik Sektoral Peningkatan Kualitas Data Sergai Dalam Angka 2023.

Acara tersebut berlangsung di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (20/2/2023).

Pada sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati Sergai menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) bertugas mengumpulkan data statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus.

Ia menjelaskan, BPS mengumpulkan statistik dasar melalui berbagai kegiatan seperti survei dan sensus. Juga pengumpulan statistik sektoral yang bersumber dari organisasi perangkat daerah (OPD)/instansi terkait, BUMN/BUMD, badan, perusahaan, dan instansi vertikal lainnya.

Semua data itu kemudian tersusun dan tersajikan dalam ‘Sergai Dalam Angka’. Di mana akan tersaji data-data kondisi suatu daerah secara lengkap dalam periode waktu tertentu.

“Dalam penyusunan ‘Daerah Dalam Angka’ di suatu daerah, perlu peran aktif pemerintah daerah. Karena 80 persen data yang disarikan bersumber dari luar BPS yaitu OPD, BUMN/BUMD, perusahaan, dan instansi lainnya. Dan hanya 20 persen saja data yang bersumber dari BPS,” ujar Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Pada pelaksanaan penyusunan publikasi tahun ini, Bupati menyebut, sebagai bukti koordinasi yang kuat dalam ketepatan dan kepatuhan jadwal rilis publikasi ‘Sergai Dalam Angka’ yang akan terbit tanggal 28 Februari 2023, BPS melakukan inovasi dan pembaharuan dalam waktu percepatan jadwal rilis.

Masih lanjut Bupati, kegiatan FGD ini adalah untuk evaluasi, sinkronisasi, dan konfirmasi data sektoral dan data perusahaan lainnya dalam penyusunan Publikasi ‘Sergai Dalam Angka 2023’.

Pelaksanaan tahapan ini untuk melihat kewajaran data dan sekaligus mengevaluasi data yang sudah lengkap masuk ke BPS dan yang belum. “Mengingat waktu penyelesaiannya sudah dekat yaitu 24 Februari 2023,” tandas Bang Wiwik.

Satu Data Indonesia

Sementara Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy menjelaskan kegiatan FGD untuk mempermudah pengumpulan data menuju ‘Satu Data Indonesia’ (SID). Koordinasi antar dinas atau badan sangat perlu. Sehingga pengumpulan data menjadi tepat waktu.

FGD tahun 2023 merupakan kegiatan untuk menyatukan persepsi. Serta meminta saran dan masukan yang baik dari dinas atau instansi mengenai data yang akan tersaji dalam publikasi Sergai 2023. “Sehingga berguna bagi para pengguna data,” papar Faisal.

FGD kali ini menghadirkan narasumber yaitu Kepala BPS Sergai Marine Sohadi Angkat SSi MSi, Kadis Kominfo Drs H Akmal AP MSi, dan Kepala Bappedalitbang Sergai Rusmiani Purba SP MSi. Hadir juga perwakilan 39 dinas/instansi dan pihak BPS.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment